FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT DBD

riska ratnawati

Abstract


Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Desa Jatisari merupakan salah satu desa di wilayah Puskesmas Geger Kabupaten merupakan daerah endemis DBD setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2015 menggunakan rancang bangun penelitian case control study. Lokasi penelitian di Di Desa Jatisari Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Jumlah sampel 329. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor yang berhubungan dengan Perilaku Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sedangkan variabel terikatnya Perilaku Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Analisis data menggunakan uji chi square. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan penyakit DBD adalah umur dan pengetahuan responden. Faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan perilaku pencegahan penyakit DBD adalah pendidikan, pekerjaan dan penghasilan. Dari hasil penelitian disarankan perlu peningkatan kegiatan PSN DBD di lingkungan masyarakat.

References


Agustiansyah, 2003, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat dalam Memelihara Ikan Cupang (Betta splendens) untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue di Kota Pontianak, Tesis: Universitas Diponegoro, Semarang.

Constantianus J.M, Koenraadt, Wieteketuiten, et al. 2006. Dengue Knowledge and practices and their impact on Aedes aegypti populations in Kamphaeng Phet, Thailand. Am. J. Trop. Med. Hyg., 74(4): 692–700

Depkes RI. 2010, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009, Pusat Data dan Informasi, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sekuler R, Blake R, Perception, McGraw. Hill Publishing Company, Singapore. 2007

Soedarmo, S.P.S. 2005. Demam Berdarah Dengue pada Anak. Universitas Indonesia Press. Jakarta

Widyanti IT. 2006. Faktor-faktor Yang memepengaruhi Tindakan Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Desa Makam Haji Wilayah Kerja Puskesmas II Kartasura. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zaini M, 2008. Peran Faktor Predisposisi pada Ibu Rumah Tangga dan Pengaruh Penyuluhan dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk di desa Kedungmaling Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto, Naskah Publikasi, Program Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES) - Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.