Korelasi Asupan Zat Besi, Protein, Vitamin C dan Mual Muntah dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester I

Karwati Karwati, Damay Yanti

Abstract


Anemia is one of the many problems that occur in pregnant women in developing countries. First trimester pregnant women often experience nausea and vomiting that can affect the pattern of eating that is received. The purpose of this study was to determine whether nutritional intake and nausea and vomiting disorders in first trimester pregnant women were associated with anemia. The sample of this study was all first trimester pregnant women, selected by quota sampling technique. The research design used in this study was cross sectional, which aims to examine the correlation between nutrient intake (iron, protein, and vitamin C) and nausea and vomiting disorders with anemia. The instrument used to determine the intake of iron, protein, vitamin C was food records that were filled by respondents for 3 days. To test the hypothesis of the relationship used the chi square test and Fisher's exact test. From the results of the analysis of the relationship between iron intake, Vitamin C and nausea and vomiting with anemia, p-value = 0.003, p-value = 0.001 and p-value 0.001, it can be concluded that there is a relationship between iron intake, vitamin C and vomiting nausea with the incidence of anemia in first trimester pregnant women (first). While the results of the analysis of the relationship of protein intake with anemia obtained p-value = 0.806, it can be concluded that there is no relationship between protein intake and the incidence of anemia in first trimester pregnant women (first). The mean intake of iron, protein, and vitamin C in first trimester pregnant women both in the anemic and non-anemic groups had a daily intake that was still far from the nutritional adequacy standard set by the government that the RDA of iron was 26 g / dL / day Protein was 76 mg / day and Vit C is 70-85 mg / day.
Keywords: food intake; nausea and vomiting; anemia

ABSTRAK

Anemia merupakan salah satu masalah yang banyak terjadi pada ibu hamil di negara berkembang. Ibu hamil trimester I sering mengalami gangguan mual muntah yang dapat berpengaruh pada pola ragam makan yang diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah asupan nutrisi dan gangguan mual muntah pada ibu hamil trimester I berhubungan dengan kejadian anemia. Sampel penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester I diambil dengan teknik Non Probability sampling yaitu Sampling Kuota. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah epidemiologi analitik observasional dengan desain cross sectional, yang bertujuan menguji hipotesi dalam mencari korelasi asupan nutrisi (zat besi, protein, dan vitamin C) dan gangguan mual muntah dengan kejadian anemia. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kecukupan asupan zat besi, protein,vitamin C adalah food records yang di isi oleh responden selama 3 hari. Untuk melihat hubungan karakteristik dengan variabel dependen digunakan uji chi square dengan alternative uji exact fisher.
Dari hasil analisis hubungan antara asupan zat besi, Vitamin C dan mual muntah dengan anemia didapatkan nilai p-value= 0,003, p-value = 0,001 dan p-value 0,001 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara asupan Zat Besi, Vitamin C dan Mual Muntah dengan kejadian Anemia pada ibu hamil trimester 1 (pertama). Sedangkan hasil analisis hubungan asupan protein dengan anemia didaparkan p-value= 0,806 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara asupan protein dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester 1 (pertama). Rerata asupan zat besi, protein, dan vitamin C pada ibu hamil trimester I baik pada kelompok anemia maupun tidak anemia memiliki jumlah asupan harian yang masih jauh dari standar kecukupan gizi yang ditetapkan oleh pemerintah bahwa AKG zat besi adalah 26 g/dL/hari Protein adalah 76 mg/hari dan Vit C adalah 70-85 mg/hari.
Kata kunci: asupan makanan; mual dan muntah; anemia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33846/2trik9401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES) - Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.