PENGARUH PEMAHAMAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP

SUHADI PRAYITNO

Abstract


Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun merupakan salah satu rumah sakit di Kota Madiun yang memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun sangat memerlukan SDM yang berkualitas. Pada tahun 2015 tingkat kinerja perawat tergolong masih rendah, terlihat dari nilai Indikator Kinerja Individu (IKI) tahun 2015 di RSI Siti Aisyah Madiun yaitu dari 90 perawat instalasi rawat inap terdapat 7 perawat yang mendapat nilai baik sebanyak 23,3% dan 83 perawat mendapat nilai cukup sebanyak 76,6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman budaya organisasi terhadap kinerja perawat instalasi rawat inap di RSI Siti Aisyah Madiun.
Jenis penelitian ini adalah observasional analitik, dengan desain cross sectional study. Populasi adalah perawat instalasi rawat inap di RSI Siti Aisyah Madiun. Dari populasi sejumlah 90 orang, dengan menggunakan teknik sampling proporsionate statisfied random sampling, diperoleh sampel sebanyak 73 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Korelasi Kendall Tau (t) untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar perawat instalasi rawat inap di RSI Siti Aisyah Madiun kurang memahami budaya organisasi dan nlai indikator Kinerja Individu (IKI) perawat sebagian besar mendapat niilai cukup. Sedangkan hasil uji Kendall” tau_b menunjukkan bahwa nilai sig adalah 0,017 < 0,05 dan koefisien korelasi Kendall” tau_b yaitu 0,205 disebut hubungan linier yang positif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman budaya organisasi terhadap kinerja perawat. Pimpinan RSI Siti Aisyah Madiun hendaknya lebih menginternalisasi budaya organisasi kepada seluruh anggota RSI Siti Aisyah Madiun.

References


Aditama, T.Y.2007. Manajemen Administrasi Rumah SakitEdisi Kedua. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Armen, F., dan Azwar, V. 2013.Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Azwar, A., dan Prihartono, J.2014.Metodologi Penelitian. Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.

Budiarto, E. 2001.Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehata Masyarakat. Jakarta: EGC.

Daphe, L. 2014. MIAW (Manajemen in Absurd Way). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Desember 2015).

Hasibuan, S.P.H. 2011.Manajemen Sumkber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: AlfaBeta.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2016. Manjamenen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Pratama, Y., 2012. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor.Dalam lib.ui.ac.id/file?file=digital/20318253-S-Yoga%20Pratama.pdf (diakses 30 Desember 2015).

Pridarsanti, K.Y. 2013.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Studi Empiris pada Pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan di Kota Semarang. Dalam http://core.ac.uk/download/files/379/13653721.pdf (diakses 19 Januari 2016).

Priharyanto, S. 2012. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Regional IV Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam http://core.ac.uk/download/pdf/11733681.pdf (diakses 3 Januari 2016).

Rizal, M.H. 2012.Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” Kota Semarang.Dalam http://core.ac.uk/download/files/379/11734686.pdf (diakses 13 Januari 2016).

Robbins, S.P., dan Coulter, M. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh Jilid 1. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Rosjidi, C.H., Liawati E. 2013. Panduan Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Untuk Mahasiswa Kesehatan. Ponorogo.

Sabardi, A. dkk. 2010. Manajemen Pengantar. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Soeroso, S. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.

Zebua, M. 2016. Manajemen Rumah Sakit Fungsikan Manajemen Instalasi di Rumah Sakit. Yogyakarta: Valemba


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Wahana Riset Kesehatan (Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur)