PENGARUH LAMA PENYIMPANAN AIR SUSU IBU (ASI) PADA SUHU -15ºC TERHADAP KUALITAS ASI

Griennasty Clawdya Siahaya

Abstract


Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan ideal bagi bayi untuk dapat tumbuh optimal baik perkembangan otak maupun fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu penyimpanan ASI pada suhu -15ºC terhadap kualitas ASI (protein, total mikroba, pH, warna dan aroma). Penelitian ini dilaksanakan di dua Laboratorium, yaitu di Laboratorium Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Universitas Kristen Indonesia Maluku, dan Laboratorium Biologi-Kimia, Fakultas MIPA Universitas Pattimua Ambon. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan penyimpanan meliputi penyimpanan ASI pada suhu -15ºC dengan lama waktu penyimpanan 0 (nol) hari (A0), 4 hari (A1), 8 hari (A2) dan 12 hari (A3) dan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan lama waktu penyimpanan ASI pada suhu -15°C berpengaruh nyata terhadap kualiatas ASI yakni kadar protein, total bakteri dan keasaman (nilai pH) ASI dengan hasil uji analisis ragam diperoleh nilai Fhitung nilai Ftabel 5%. Analisis terhadap kualitas warna dan aroma ASI yang dianalisis secara deskriptif memberikan hasil warna ASI yang disimpan pada penyimpanan beku -15°C selama 12 hari tidak mengalami perubahan masih terlihat berwarna putih susu kekuningan, dan untuk aroma atau bau ASI yang disimpan pada penyimpanan beku -15°C mengalami perubahan aroma di hari ke-8 dan ke-12 hari tercium aroma agak anyir disertai bau logam dan bau atau aroma ASI mendekati aroma santan kelapa.

References


Almatsier, S., S. Soetardjo., M. Soekarti., 2011. Gizi Seimbang Dalam Daaur Kehidupan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Aminah, S. dan J.T. Isworo.2012.Pengaruh Penyimpanan Pada Suhu Rendah Terhadap Umur Simpan dan Total Bakteri Air Susu Ibu.Prosiding Hasil Seminar Nasional.Lembaga Penelitian Universitas Muhammadiyah Semarang.

Arisman. 2014. Buku Ajar Ilmu Gizi- Gizi Dalam daur Kehidupan. Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2009. Bahan-bahan Kosmetik Sebagai Anti Acne, Rosela dan Herbal Khusus Untuk Ibu Menyusui. Naturakos Edisi 10. 2009. Vol.IV/No. 10, Juli 2009-ISSN 1907-6606

Cakrawati, D., dan Mustika NH. 2012. Bahan Pangan, Gizi dan Kesehatan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Dundu, B.2000. Penuntun Praktikum Mikrobiologi. Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulang, Manado.

Estiasih, T. dan K. Ahmadi.2011. Teknologi Pengolahan Pangan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta

Fardiaz, S, 1992. Mikrobiologi Pengolahan Pangan Lanjut. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi Indtitut Pertanian Bogor. Bogor.

, 1988. Fisologi Fermentasi. Pusat Antar Universitas IPB. Bogor

Gazperz, V. 1991. Metode Rancangan Percobaan. Arminco. Bandung

Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2014. ASI-Penyimpanan ASI Perah. Diunduh dari http://idai.or.id/public-aarticles/klinik/asi/penyimpanan-asi-perah.html pada tanggal 22 Maret 2015

Iqbal , M. 2010. Pengaruh Variasi Suhu dan Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Air Susu Ibu (ASI). Program Studi Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran. UGM.Yogyakarta.

Irianto, 2006. Mikrobiologi Jilid 2. CV. Yrama Widya. Bandung

Istiany A. dan Rusilanti. 2013. Gizi Terapan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.2012. Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 Tentang Air Susu Ibu Eksklusif.

Legowo, A. M. 2002. Sifat Kimiawi, Fisik dan Mikrobiologi Susu. Diktat Kuliah. Program Studi hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Diponegoro.

Muchtadi, T.R, Sugiyono, F. Ayustaningwarno. 2010. Ilmu Pengetahuan Bahan. Penerbit Alfabeta. Bandung

Murti, T. W., 2014. Pangan, Gizi, dan Teknologi Susu. Gadjah Mada Univerity Press. Yogyakarta.

Saleha, S. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Penerbit Salemba Medika. Jakarta.

Waryana. 2010. Gizi Reproduksi. Pustaka Rihama. Yogyakarta.

Widyani, R. dan T. Suciaty. 2008. Prinsip Pengawetan Pangan. Penerbit Swagati Press. Cirebon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Wahana Riset Kesehatan (Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur)