ANALISA KEPUASAN PERAWAT POLIKLINIK TERHADAP PELAYANAN PETUGAS REKAM MEDIS DI RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO

Sovia Handayani, Dwi Nurjayanti, Nanang Trihandoko

Abstract


Kepuasan akan terpenuhi, apabila pelayanan petugas rekam medis yang diberikan dalam suatu Rumah Sakit telah sesuai dengan harapan perawat poliklinik. Dampak yang dirasakan apabila suatu pelayanan petugas rekam medis dalam memberikan pelayanannya belum sesuai maka perawat akan tidak puas, sehingga pelayanan yang baik akan memberikan rasa puas terhadap perawat poliklinik yang dilayani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan perawat poliklinik terhadap pelayanan petugas rekam medis di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada di poliklinik, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh, yang dilaksanakan bulan November 2016- Maret 2017.
Hasil dari penelitian adalah kepuasan perawat terhadap pelayanan petugas rekam medis ditinjau dari dimensi reliability (reliabilitas) cukup puas (47,5%), dimensi assurance (jaminan) cukup puas (57,2%), dimensi tangible (bukti fisik) cukup puas (58,3%), dimensi emphaty (empati) cukup puas (56,1%) dan dimensi responsiveness (daya tanggap) cukup puas (45,8%). Kepuasan terendah kategori dimensi responsiveness (daya tanggap).

Kata Kunci : Kepuasan Perawat, Pelayanan petugas Rekam Medis

Full Text:

PDF

References


Andria, F.D & Sugiarti, I. 2015. Tinjauan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. Vol.3, No.2 : 51-57.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan (Edisi Ketiga). Tangerang: Binarupa Aksara.

Budi, S.C. 2011. Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Medis.

Fatimah, N. (2015). Analisis Kemampuan Petugas Filing dalam Menyediakan Rekam Medis Rawat Jalan klinik Interna di RST dr. Soedjono Magelang (tidak dipublikasikan). Tugas Akhir. Yogyakarta: Diploma III Rekam Medis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada

Shidiq, T.U. 2014. Tingkat Kepuasan Perawat Bangsal Terhadap Pelayanan Petugas Rekam Medis Di RSJD Dr. Rm Soejarwadi Provinsi Jawa Tengah. Tugas Akhir. Yogyakarta: Diploma III Rekam Medis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.

Shofari, B. 2004. Pengelolaan Sistem Rekam Medis. Semarang: PORMIKI.

Susan, E.F. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadapa Kepuasan Pelanggan Air MInum Tahun 2013. Skripsi. Yogyakarta: S2 Magister Ekonomi Pembangunan, Universitas Gadjah Mada.

Tjiptono, F & Chandra. G. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Wahana Riset Kesehatan (Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur)