PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENARCHE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENARCHE PADA SISWI KELAS V DAN VI

Ellyzabeth Sukmawati, Norif Didik Nur Imamah, Indah Sulistyoningrum

Abstract


Menarche merupakan menstruasi pertama yang biasa terjadi dalam rentang umur 10-16 tahun. Kurangnya informasi tentang kesehatan reproduksi menyebabkan pengetahuan remaja tentang kesehatan khususnya tentang menarche kurang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang menarche terhadap tingkat pengetahuan tentang menarche pada siswi kelas V dan VI. Metode penelitian yang dilakukan yaitu quasi eksperimendengan rancangan pre – eksperimen design dan pendekatan “One Group Pretest-Postest’’. Teknik sampling menggunakan total sampling (44 siswi), instrument menggunakan kuesioner tertutup. Analisis menggunakan paired t test. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan siswi kelas V dan VI sebelum diberikan pendidikan kesehatan paling banyak dalam kategori cukup sebanyak 21 orang (47,7%). Pengetahuan siswi kelas V dan VI sesudah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar dalam kategori baik sebanyak 41 orang (93,2%), hal ini menunjukan ada peningkatan yang signifikan dari pretes terhadap posttes. Hasil uji t tes diperoleh harga t hitung = 11,084, df = 43 harga t tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,684 maka t hitung > t tabel (11,084 > 1,684) dan nilai p-value (0,000) < α (0,05). Simpulan penelitian ini ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang menarche terhadap tingkat pengetahuan tentang menarche pada siswi kelas V dan VI.

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Menarche.

References


Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta Jakarta.

Andrews,G. 2010. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita, edisi 2. EGC. Jakarta.

Arpiyanto, Teguh., 2008. Hubungan Antara Pengetahuan Remaja Tentang Menstruasi Terhadap Mekanisme Koping Adaptasi Menarche Pada Siswi Kelas VIII Mts Marbaul Ulum Karangawen Demak (Skripsi). Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Alin, P. 2011. Pengaruh Penyuluhan Tentang Menarche Terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas IV Dan V Di SD Negeri Gendengan 1 Margodadi Seyegan Sleman (Skripsi). Laporan Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Jurusan Kebidanan Yogyakarta. Jawa Tengah.”

BKKBN, dan UNFPA, 2005. Buku sumber untuk advokasi keluarga berencana. Kesehatan reproduksi. Gender, dan pembangunan kependudukan, edisi revisi BKKBN dan UNFPA. Dikutip dari WHO, 1998: 70. Jakarta.

Josep, HK dan Nugroho S. 2010. Ginekologi Obstetri (Obsgyn). Muha Medika. Yogyakarta.

Kartono K. 2006. Psikologi Wanita 1 Mengenal Gadis Remaja dan Wanita Dewasa. Bandung : CV Mandar Maju.

Kusmiran, E. 2013. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Mudika. Jakarta.

Machfoedz , I dan Suryani, 2008, Pendidikan Kesehatan Bagiandari Promosi Kesehatan. Fitramaya. Yogyakarta.

Nasria. Skripsi :Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja tentang Kesehatan Repproduksi di SMA Negeri 1 Mojogedang. Semarang. Undip. 2010

Notoatmodjo S, 2010.Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.Rineka Cipta. Jakarta.

Pratisto, A. 2009. Statistik menjadi mudah dengan SPSS17. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Proverawati & Misaroh , 2009, Menarche ( Menstruasi Pertama Penuh Makna). Nuha Medika. Jakarta.

Riwidikdo, 2012, Statistik Kesehatan. Nuha Medika. Yogyakarta.

Rosida, I. 2006. Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Menstruasi Pertama (Menarche) Pada Siswi SMP Harapan Desa Paya Bakung Kecamatan Hamparan Perak.http://www.helvetia.ac.id/library.

Santrock J, 2003, Adolescence Perkembangan Remaja, Edisi VI.Erlangga.Jakarta.

Setiawan, A danSaryono, 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan. Nuha Medika. Yogyakarta.

Sri, E., 2010. Hubungan pengetahuan tentang menarche dengan kesiapan menghadapi menarche dini pada siswi kelas IV dan V di SD Muhamadiyah Sleman Yogyakarta. (skripsi). Laporan Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Jurusan Kebidanan. Jawa Tengah.

Sugiyono, 2010.Statistik Untuk Penelitian. CV Alfabeta : Bandung.

Sulistyo, J. 2010. 6 Hari Jago SPSS 17. Cakrawala : Yogyakarta.

Waryana. 2010. Gizi Reproduksi. Pustaka Rihama: Yogyakarta.

Wawan, A danDewi, M, 2010. Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Wahana Riset Kesehatan (Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur)