HUBUNGAN DESKRIPSI PEKERJAAN, REVIEW KINERJA, PENGETAHUAN DAN PELATIHAN DENGAN KINERJA BIDAN PRAKTIK MANDIRI (BPM) DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN ANTENATAL TERPADU DI KOTA SEMARANG

Nessi Meilan

Abstract


Kematian maternal di Kota Semarang meningkat, dari 29 kasus pada Tahun 2013 menjadi 36 kasus pada tahun 2014. Penyebab kematian terbanyak adalah pre eklampsia berat, perdarahan dan penyakit jantung yang dapat dicegah memalui deteksi awal pemeriksaan kehamilan. Separuh dari jumlah ibu yang meninggal mempunyai riwayat pemeriksaan di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Kota Semarang, hal ini berkaitan dengan kinerja BPM dalam pelayanan antenatal terpadu.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel terikat adalah kinerja BPM dalam pelayanan antenatal terpadu dan variabel bebasnya adalah deskripsi pekerjaan, revew kinerja, pengetahuan, dan pelatihan. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Populasi penelitian adalah BPM di Kota Semarang dan metode pengambilan sampel adalah multi stage random sampling. Dari 9 wilayah ranting IBI dipilih wilayah I dan III, dengan jumlah subjek penelitian 78 orang. Analisis bivaiat dengan menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan BPM yang memiliki kinerja kurang sebanyak 52,6%. Variabel yang berhubungan dengan kinerja BPM adalah deskripsi pekerjaan (p=0,018), review kerja (p=0,011), pengetahuan (p=0,001), sedangkan pelatihan tidak ada hubungan (p=0,096).
Disarankan kepada DKK Semarang untuk melakukan pengawasan ketat terhadap kompetensi dan pemberian sanksi apabila diperlukan. IBI juga dapat meningkatkan review kinerja melalui uji kompetensi dan BPM harus memperbaharui pengetahuannya secara berkelanjutan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES) - Jl. Cemara 25, Dare, Sukorejo, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.